Niat Menikahinya

Assalamu'alaikum, ustadz saya mau bertanya...
1. Bagaimanakah hukum memusnahkan (seperti membakar) benda jimat dan semisalnya tanpa izin pemiliknya, karena ia tidak kunjung bertaubat? Apakah boleh?
2. Saya suka pada seorang wanita dan berniat untuk menikahinya di
tahun 2019. Apakah niat saya ini termasuk kebaikan atau keburukan? Mengingat tahun 2019 itu masih lama.
3. Sebenarnya anak perempuan boleh keluar malam sampai jam berapa ya? Karena terkadang kita keluar malam  untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah sehingga di kampus sering sampai jam 9 malam atau bahkan ada yang lebih. Bagaimana Islam mengatur hal ini?  Syukron, Wassalamu'alaikum...

d_abdul azis


JAWABAN
Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh.
Bismillah washshalatu wassalam ‘ala Rasulillah.
1.    Pada dasarnya kita diperintahkan untuk memerintahkan kepada kebaikan dan melarang dari kemungkaran, sebagaimana yang disabdakan oleh Nabi #n:
مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الإِيمَانِ
“Barang siapa di antara kalian melihat kemungkaran, maka ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu maka ubahlah dengan lisannya, jika dia tidak mampu maka ubahlah dengan hatinya, dan itu adalah selemah-lemahnya keimanan.”
Di antara bentuk kemungkaran adalah memakai jimat, dengan berbagai macam bentuknya.

Read more ...

Istiqamah Selalu Menggelayut

Pertanyaan:

Assalamualaikum. Mau tanya Ustadz,

1.    Apa saja bacaan-bacaan yang bisa memperkuat keimanan sehingga seseorang dapat tahan untuk menghadapi banyak masalah? Serta bagaimana kiat-kiat memperkuat diri dan keimanan kita terutama ketika menghadapi masalah? Terima kasih atas jawabannya.

2.    Saya ingin bertanya bagaimana tips kita agar bisa selalu istiqamah dalam beribadah kepada Allah, tidak hanya selama Ramadhan saja?

3.    Bagaimana hukum bekerja bagi seorang muslimah di pabrik?

Wassalamu'alaikum Dari Adzila-Pembaca Elfata

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh.Alhamdulillah washshalatu wassalam ‘ala Rasulillah.

Rasulullah #n memerintahkan kita untuk mengatakan “Sesungguhnya saya telah beriman.” Kemudian beliau menyuruh agar ber-istiqamah.
Begitu pula Rasulullah #n mengajarkan kepada kita untuk menjawab ucapan Muadzdzin (orang yang ber-adzan) dengan ucapan yang sana dengan apa yang diucapkan oleh

Read more ...

Edisi Terbaru