Menjadi Muslim di Negeri Tirai Bambu

Gimana yah rasanya jadi muslim di tengah minoritas etnis china??? Berikut hasil wawancara tertulis dengan salah satu temen kita, kak Arina di Harbin.

Aku tinggal di Peoples Republic of China No. 57 Hexing Road, Wenzheng Street, Xiangfang District, Harbin, Heilongjiang Province, China, for international students, 7 apartments. Harbin, sebuah kota di provinsi paling utara Negeri Tirai Bambu.

Harbin adalah sebuah kota di China yang dikenal dengan suhunya yang sangat rendah saat musim dingin, yaitu hingga mencapai minus 40 derajat celcius. Suhu saat musim panas pun rata-rata di bawah 30 derajat celcius, masih terasa sejuk. Keadaan sehari hari disini tidak beda jauh dengan di Indonesia.  Pagi hari para ibu-ibu, nenek atau kakek pergi ke pasar,  mengantar anak-anak ke sekolah dan bekerja.

Umat muslim di China memang tidak banyak, namun dalam kelompok yang kecil ini saya ikut merasakan ukhwah islamiyah diantara umat muslim. Disini saya juga merasakan bagaimana rasanya menjadi kaum minoritas yang berusaha sebisa mungkin

Read more ...

Granada, Mengagumi Alhambra

Beranjak dari kawasan Albaicin, seharian itu kami habiskan di komplek Alhambra. Alhambra berasal dari kata ‘Alhamra’ (الْحَمْرَاء) yang dalam bahasa Arab berarti ‘yang berwarna merah’. Penamaan ini dikarenakan bangunannya banyak dihiasi ubin, bata, dan keramik berwarna kemerahan. Di dalam komplek Alhambra terdapat istana (Nasrid Palace), benteng (Alcazaba), dan taman yang dikenal dengan nama Generalife.

Komplek yang masih bertahan hingga saat ini dibangun untuk Emir Muslim yang terakhir di Spanyol dari Dinasti Nasrid. Jika kita menelusuri komplek ini, akan terasa bahwa berbagai bangunan yang ada di dalamnya seolah berdiri sendiri-sendiri. Hal ini wajar karena pada awal dibangunnya tidak ada grand design secara keseluruhan melainkan dibangun secara bertahap melewati berbagai rezim kekuasaan.

Saya dan Chendra mengunjungi Alhambra pada musim panas ketika jumlah pengunjung pasti melonjak dibandingkan musim lainnya. Satu hal yang lupa kami antisipasi adalah membeli tiket secara online dari jauh-jauh hari. Pada H-5, kami baru

Read more ...

Edisi Terbaru