Jadi Muslimah di Korea

Saya pernah mendengar beberapa orang berkomentar kira-kira seperti ini, “Yah… gitu deh, kalau udah kelamaan tinggal di luar negeri (yang bukan mayoritas muslim – pen) lama-lama bisa jadi liberal.”

Pertama, perlu dijelaskan liberal yang dimaksud itu seperti apa. Kedua, sebenarnya saya tidak bermaksud membahas tentang liberal, moderat, maupun konservatif. Islam adalah Islam (baca: Don’t Call Me a Moderate Muslim).  Melalui tulisan ini, saya sekadar ingin menceritakan pengalaman saya di Korea sebagai seorang muslim. Perjalanan setiap orang itu unik dan berbeda antara satu dan lainnya. Dalam perjalanan itu pula ada proses belajar, berpikir, dan pengalaman langsung yang tak tergantikan oleh sekadar teori.

Bagi saya sendiri, rasa toleransi dan memahami memang seringkali hadir dan tumbuh  ketika kita berada di tempat di mana kita bukanlah mayoritas. Sayangnya, terkadang

Read more ...

Pendidikan Islam di Komunitas Muslim Perancis, bag 3 terakhir

Pendidikan islam di negeri mayoritas muslim bukanlah hal yang sulit, terlebih seperti di negeri kita. Jumlah pesantren banyak, hampir tiap masjid juga ada kegiatan tpa. Namun di negeri minoritas muslim tentu banyak tantangan. Seperti apa? Yuk kita simak kelanjutannya.

Rumit Tapi Harus Dilalui    

Di awal tahun ajaran pendidikan atau sekitar bulan Agustus dan September setiap tahunnya, pengurus Pusat Kebudayaan Islam Avicenne mengumumkan kepada jamaah dalam berbagai kesempatan tentang akan dibukanya kelas Pendidikan Agama Islam, Belajar Al. Qur’an dan Bahasa Arab untuk anak-anak. Kelas akan dilaksanakan pada akhir pekan (Sabtu – Minggu) dan dibimbing oleh pengurus masjid atau orang-orang yang punya ijazah dalam bidang pendidikan agama Islam.

Pengurus mengharapkan orang tua mendaftarkan dan mengantarkan anak-anak mereka untuk ikut dalam kelas belajar agama Islam ini. Walau mungkin kelihatannya mudah,

Read more ...

Edisi Terbaru