Chatting dengan Teman Pria

chating dengan teman pria

Assalamu'alaikum Kak…
Maaf, Kak ana mau curhat nih. Bukan untuk buka aib saudara ana yah, Kak.
Ana mempunyai adik kandung perempuan. Adik ana ini belum istiqamah dalam adab bergaul. Dia sering chat dengan lawan jenis. Kadang jawabannya hanya, “Ini sekedar teman chat kok,” kadang juga jawabannya,”Ini sahabatku aja.” Kak, ana sudah kasih tahu dia dengan ilmu yang ana punya, tetapi dia tidak mau mendengarkan, Kak. Ana bingung mau bilang apa ke dia lagi. Kak, masalahnya itu, teman chat dia itu  ikhwan, Kak yang katanya tinggal satu juz baru khatam. Awalnya ana nggak percaya, soalnya masa ada penghafal yang sifatnya seperti ini. Maaf kepanjangan yah, Kak. Tolong solusinya ya,Kak.. syukron...
Jazakillah khoir
Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh
Annida
via email

Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh
Dear Annida… Kakak salut dengan  perhatian Annida kepada adik. Sebagai seorang kakak yang menyayangi adiknya tentu  menginginkan kebaikan untuk sang adik. Sebagaimana yang Annida lakukan dengan memberikan pengertian dan pengarahan kepada adik  sesuai  pengetahuan Annida agar  tidak terjerumus dalam perbuatan buruk.
Annida telah melakukan usaha yang baik dalam menjaga kehormatan adik. Annida juga boleh berharap bahwa adik akan  menuruti  nasihat Annida untuk menjaga

adab dalam bergaul. Seseorang boleh mengharapkan orang lain berubah menjadi lebih baik karena  nasihatnya pada orang tersebut. Namun yang perlu diperhatikan adalah kita harus dapat menerima kenyataan bahwa tak semua orang mudah menerima apa yang kita sampaikan walaupun itu tujuannya untuk kebaikan mereka. Demikian juga halnya, tidaklah mudah untuk mengubah perilaku maupun karakter orang lain dalam sekejap tanpa ada kemauan dari orang tersebut. Apalagi adanya taufik maupun hidayah dari Allah sangat berperan penting dalam perubahan diri seseorang.
Oleh karena itu berdoalah terus menerus, memohon pertama kali agar Allah berkenan memberi keistiqamahan pada Annida dan juga  berkenan memberikan taufik dan hidayah kepada sang adik agar menjadi pribadi yang jauh lebih baik dan dapat mengamalkan ajaran agama dengan lebih baik. Annida  boleh berharap adik segera memperbaiki tata caranya dalam beragul sebagaimana nasihat yang Annida berikan, namun pasrahkan hasilnya kepada Allah. Jika saat ini belum ada perkembangan jangan berputus asa teruslah berdoa dan berusaha.
Kemudian berikanlah nasihat pada waktu yang tepat. Hindari memberi pengertian pada saat adik dalam keadaan bad mood karena hanya membuat adik menjadi jengkel dan dikhawatirkan  akan menjaga   jarak terhadap Annida. Jika ini terjadi nasihat /perkataan apapun dari Annida akan semakin sulit dia terima. Jagalah hubungan yang baik dengan adik. Sampaikan nasihat/ilmu tutur kata yang enak didengar dan dapat diterima sesuai dengan karakternya. Selain itu, berikan sarana lain yang membuat adik bisa memahami apa yang Annida maksudkan. Misalnya, Annida dapat memberikan bacaan majalah Elfata ini secara rutin kepadanya atau buku-buku agama yang lain yang berkaitan dengan adab  bergaul. Mungkin saja adik termasuk tipe visual yang lebih mudah menerima dan menganalisa informasi secara visual. Jika demikian, memberikan bacaan yang sesuai akan lebih mengena daripada memintanya mendengarkan nasihat yang Annida sampaikan. 
Adapun teman laki-laki adik yang  Annida pertanyakan pemahaman agamanya, perlu Annida pahami  bahwa kita boleh saja beranggapan bahwa seseorang yang terlihat agamanya baik di satu sisi maka seharusnya baik juga dalam segala amalan yang lain. Namun kenyataan yang ada tidaklah selalu demikian. Ini yang harus kita pahami dan terima. Memang, ada orang yang diberi kemudahan dari Allah untuk mengamalkan pengetahuan agama yang diperolehnya dan dikaruniai akhlak yang mulia. Namun, pahamilah …ada juga orang yang dapat mengamalkan satu amalan namun belum dapat mengamalkan amalan yang lain, entah karena belum mampu,belum mendapatkan ilmunya, atau belum mendapatkan taufik hidayahNya. Dengan pemahaman ini diharapkan kita dapat mengerti saat menemui keadaan orang yang pengetahuan agamanya bagus namun  akhlak atau muamalahnya kurang, sebaliknya ada yang akhlak dan muamalahnya bagus namun pemahaman agamanya kurang. Karenanya, doakan juga agar kapanpun dan di manapun berada, adik selalu terjaga dan  mendapat teman teman yang baik, agama maupun akhlaknya..yang dapat mendukung dia menjadi pribadi yang lebih baik.
Annida, jangan berputus asa. Dampingilah adik terus menerus dan jadilah teman curhatnya. Sampaikan nasihat dengan cara yang baik, berdoa dan pasrahkan hasilnya kepada Allah. Semoga dengan ketulusanmu,Allah berkenan mengabulkan doamu agar adik terjaga dalam pergaulannya.
Demikian ya Annida semoga dapat membantu…
Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh..


Edisi Terbaru