Aku Merasa Sendiri

Assalamu’alaikum… Kak, aku gadis berumur 20 tahun. Sejak lahir aku tak pernah hidup bersama dengan orang tuaku. Aku diasuh oleh nenek dan kakekku. Sejak masih kecil, kebiasaan itu muncul begitu saja tanpa aku mengerti. Lebih tepatnya sejak kelas empat SD aku mulai menjadi anak nakal. Aku suka mengambil barang teman dan berbohong. Perbuatan itu sampai menjadi kebiasaan hingga sekarang.

Aku sudah berusaha keras untuk menghilangkan kebiasaan itu. Tapi tidak bisa. Aku  masih saja suka mencuri dan menipu orang. Semua orang menjauhiku, sekarang aku merasa tak punya siapa siapa. Aku benci dengan ayah, ibu, kedua kakakku, dan adikku. Kami semua terpecah belah. Mereka tak mau bersatu, mereka semua mengabaikan aku.
Kak, aku sadar banget bahwa apa yang aku lakukan salah, tapi aku sudah mencoba semuanya, tapi aku tak juga menemukan…

Katanya, Allah akan menolong hambaNya yang taat. Aku sudah sholat, ngaji, sedekah tapi masih saja sendiri, tidak punya siapa-siapa. Aku bingung. Bagaimana Kak, aku minta sarannya..
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ria
Via email

Waalaikumsalam warahmatullah.
Ria, Kakak mengerti betapa lukanya hatimu memiliki perasaan terabaikan seperti ini. Apalagi perasaan diabaikan oleh keluarga sendiri, lingkungan terdekat yang seharusnya  memberi dukungan terbesar dalam perkembangan hidup seseorang.

Ria, kepedihan yang kamu rasakan berawal dari kurangnya perhatian dan pendidikan dari figur orang tua yang tidak kamu

Read more ...

Saling Memaafkan, Indahnya…

Assalamu’alaikum warhmatullahi wa barkatuh
Kak, aku punya masalah dengan temanku, tapi aku tidak tahu apa masalahnya, karena sudah selama satu semester dia tidak bicara padaku. Walaupun aku sudah mengiriminya surat yang berisi permintaan maaf berkali kali, ia tetap saja tak membalas suratku , Kak. Aku sudah memberi tahu dia, bahwa seorang muslim tidak boleh mendiamkan muslim lainnya selama lebih dari tiga hari. Ia bilang jika aku mendekatinya, ia akan lebih menjauhiku, Kak.
Teman-temanku sudah berusaha membantuku, tetapi ia tetap saja mendiamkan aku, Kak.
Aku mohon nasihatnya ya Kak, dia temanku sejak TK.

Wassalamu’alikum wa rahmatullahi wa barakatuh.


Nia
Via email


Wa’alaikumussalam warahmatullahi wa barakatuh

Nia yang baik…Kakak mengerti bagaimana perasaanmu dengan keadaan yang terjadi antara dirimu dengan temanmu. Memang, hubungan pertemanan tak selalu berjalan mulus. Terkadang indah dan menyenangkan, terkadang  diwarnai dengan pernak pernik permasalahan. Namun, adanya berbagai permasalahan, sebenarnya dapat menghantarkan seseorang menjadi

Read more ...

Edisi Terbaru