Copy Paste Dakwah (2)

Awal interaksi dakwah penduduk Indonesia dengan pendatang muslim dalam bentuk perdagangan atau hubungan social yang lain. Yang ajaib, interaksi tersebut bak magnet yang menarik manusia pada ajaran Islam. Apakah berarti pendatang tersebut selalu berceramah pada penduduk sekitar saat bertemu? Tentang berceramah dan menyampaikan Islam tentu dilakukan oleh pendakwah. Namun magnet dakwah Islam tidak sebatas pada ceramah dan retorika yang memukau. Ketertarikan manusia pertama justru dengan dakwah melalui perbuatan.

Read More

Agar Amalan Kebaikan Tak Sia-sia

Mencari dan berburu petunjuk serta taufik dari Allah layak dilakukan sepanjang hidup.  Mendapatkan taufik berarti telah memperoleh kunci kebahagiaan. Ada tanda-tandanya kalau seorang memperoleh taufik dari Allah. Tanda yang dimaksud diantaranya, Allah Ta’ala membuat seseorang sadar dari kelalaiannya. Orang itu akan ditunjuki agar menggunakan waktu di dunia yang pendek untuk berbuat hal-hal yang bermanfaat di negri yang kekal.

Read More

Move On Nggak Sulit Amat Kok

Mata Eni sembab. Ia berulang menyeka air matanya, tapi tetes-tetes bening itu enggan kompromi dengannya. Tak urung teman-teman eni melihat tangisannya. Dari kejauhan Pipit bertanya-tanya dalam hati. “Kok Eni kelihatan sedih, ada masalah apa ya?” Pipit menghampiri Farah temannya. Farah termangu mendengar pertanyaan itu, ia menghela nafas “Emm. Pastinya ada sesuatu,” ungkapnya ragu.   “Tiga hari yang lalu dia putus sama pacarnya.” Akhirnya ia buka suara. “Eni keliatannya bakal sulit move on nih.” Lanjut Farah.

Read More

Iblis Mengaku Tuhan

Tersebutlah seorang ulama yang bernama Ahmad bin Nazzar. Kunyah beliau Abu Maisarah, Al-Qoiruwani. Salah seorang ulama bermadzhab Maliki. Beliau dikenal sebagai Faqihul Maghrib (ahli fikih daerah Maroko). Sosok yang dikenal doanya mustajab. Seorang ulama yang seimbang antara ilmu dan amal. Hampir setiap malam beliau mengkhatamkan Al-Quran dalam shalat tahajud di masjidnya.

Read More

Jodohku Terlambat Datang

Tanya: Terkadang saya merasa iri dan sedih ketika menerima undangan pernikahan seorang teman  atau mendengar mereka telah dipinang (khitbah) oleh seorang pria.Sementara aku merasa lambat dalam mendapatkan nikmat itu.  Apa yang mesti kulakukan? Er di kota S Jawab: Adik Er di kota S, semoga Allah merahmatimu. Terkait pertanyaanmu, ada sebuah jawaban dari Syaikh Muhammad Shalih al-Munajid ketika memperoleh pertanyaan yang hampir serupa. Beliau mengatakan, “Jika seorang muslim mentadabburi firman Allah –Ta’ala-:  نحْنُ قَسَمْنَا بَيْنَهُمْ مَعِيشَتَهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَرَفَعْنَا بَعْضَهُمْ فَوْقَ بَعْضٍ دَرَجَاتٍ “Kami telah menentukan antara mereka penghidupan mereka…

Read More

Uniknya Perancis

uniknya perancis

Uniknya Perancis-Aku suka banget Eropa karna setiap negara hampir mirip suasananya, tapi aku lebih suka Perancis sih, mungkin karna tinggal disana. Disana itu bener-bener tertata kotanya, bahkan di desa sekalipun. Nggak pernah macet, mungkin karna memang susah cari parkiran mobil, jadi orang-orang cenderung naik kendaraan umum. Padahal ada beberapa harga mobil city car yang murah. Paling terasa perbedaannya dengan Indonesia adalah musimnya. Karna Negara 4 musim jadi bener-bener ngerasain gimana perubahan disetiap musimnya. Awalnya aku kira Negara 4 musim itu ya dinginnya cuma waktu winter aja, tapi ternyata spring dan…

Read More

Serba Serbi di Nancy

serba serbi di nancy

Serba Serbi di Nancy-Intinya kuliah di Perancis bener-bener bikin aku mandiri. Karna waktu kuliah di Bogor, masih ada tukang laundry, jadi cape dikit ya laundry baju. Masih banyak warteg, tukang sate, tukang soto, tukang baso, jadi ngebuat males masak sendiri di kosan. Sebenernya membuat malu sendiri sih ya, orang-orang di Negara maju aja sama sekali gak ketergantungan sama orang lain dan bener-bener mandiri ngerjain semuanya sendiri, beda banget sama kita yang kayanya manja juga ya. Serba Serbi di Nancy Mau tahu bagaimana mencari asrama? seperti apa aktivitas di asrama? berapa…

Read More