Jodohku Terlambat Datang

Tanya: Terkadang saya merasa iri dan sedih ketika menerima undangan pernikahan seorang teman  atau mendengar mereka telah dipinang (khitbah) oleh seorang pria.Sementara aku merasa lambat dalam mendapatkan nikmat itu.  Apa yang mesti kulakukan? Er di kota S Jawab: Adik Er di kota S, semoga Allah merahmatimu. Terkait pertanyaanmu, ada sebuah jawaban dari Syaikh Muhammad Shalih al-Munajid ketika memperoleh pertanyaan yang hampir serupa. Beliau mengatakan, “Jika seorang muslim mentadabburi firman Allah –Ta’ala-:  نحْنُ قَسَمْنَا بَيْنَهُمْ مَعِيشَتَهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَرَفَعْنَا بَعْضَهُمْ فَوْقَ بَعْضٍ دَرَجَاتٍ “Kami telah menentukan antara mereka penghidupan mereka…

Read More

Batasan Wanita Mencukur Rambut

Pertanyaan Saya sering mendengar bahwa seorang wanita tidak boleh memotong rambut kepalanya sama sekali menurut hukum-hukum Islam. Saya ingin tahu alasannya. Karena saya kira seorang wanita juga butuh untuk merapikan rambutnya sesekali waktu.  Apakah ada perincian tentang masalah ini ? Saya juga pernah mendengar bahwa bahwa seorang wanita diwajibkan untuk memanjangkan rambutnya sesuai kemampuannya, tidak perlu untuk dipendekkan atau dicukur, karena pada hari kiamat akan menjadi tirai penutup bagi pemiliknya pada hari kiamat pada saat semua orang dikumpulkan jadi satu dalam kondisi telanjang, maka apakah hal ini benar ? Adakah…

Read More

Tanda Kiamat Besar?

tanda kiamat besar

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Ustadz, ana mau bertanya, Apa saja tanda-tanda Kiamat Besar (kubra)? Mohon jawabannya Ustadz dan syukron atas jawabannya. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Sarah-di- Salatiga Jawaban: Waalaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh, Tanda adalah tanda-tanda sebelum terjadinya hari Kiamat yang menunjukkan dekatnya hari Kiamat.  Kiamat tersendiri terbagi menjadi: Kiamat Kecil: yaitu kematian seorang manusia. Siapa yang meninggal, maka telah ditegakkan kiamatnya, karena dia telah masuk ke alam akhirat. Kiamat Pertengahan: yaitu kematian satu generasi Kiamat Besar: yaitu kebangkitan manusia dari alam kubur untuk dilaksanakan hisab (perhitungan) dan pembalasan. Jika disebutkan Kiamat di dalam…

Read More

Uniknya Perancis

uniknya perancis

Uniknya Perancis-Aku suka banget Eropa karna setiap negara hampir mirip suasananya, tapi aku lebih suka Perancis sih, mungkin karna tinggal disana. Disana itu bener-bener tertata kotanya, bahkan di desa sekalipun. Nggak pernah macet, mungkin karna memang susah cari parkiran mobil, jadi orang-orang cenderung naik kendaraan umum. Padahal ada beberapa harga mobil city car yang murah. Paling terasa perbedaannya dengan Indonesia adalah musimnya. Karna Negara 4 musim jadi bener-bener ngerasain gimana perubahan disetiap musimnya. Awalnya aku kira Negara 4 musim itu ya dinginnya cuma waktu winter aja, tapi ternyata spring dan…

Read More

Serba Serbi di Nancy

serba serbi di nancy

Serba Serbi di Nancy-Intinya kuliah di Perancis bener-bener bikin aku mandiri. Karna waktu kuliah di Bogor, masih ada tukang laundry, jadi cape dikit ya laundry baju. Masih banyak warteg, tukang sate, tukang soto, tukang baso, jadi ngebuat males masak sendiri di kosan. Sebenernya membuat malu sendiri sih ya, orang-orang di Negara maju aja sama sekali gak ketergantungan sama orang lain dan bener-bener mandiri ngerjain semuanya sendiri, beda banget sama kita yang kayanya manja juga ya. Serba Serbi di Nancy Mau tahu bagaimana mencari asrama? seperti apa aktivitas di asrama? berapa…

Read More

5 untuk Orang Tua

TANYA: Bagaimana caranya berbakti kepada kedua orang tua? Dan apakah boleh mengumrahkan untuk salah seorang mereka walaupun pernah melaksanakannya? JAWAB: Berbakti kepada kedua orang tua adalah berbuat baik kepada mereka dengan harta, wibawa dan bantuan secara fisik. Ini hukumnya wajib. Sedangkan durhaka kepada kedua orang tua termasuk perbuatan dosa besar, yaitu tidak memenuhi hak-hak mereka. Berbuat baik kepada mereka semasa hidup, sudah maklum, sebagaimana kami sebutkan tadi, yaitu dengan harta, wibawa (kedudukan) dan bantuan fisik. Adapun setelah meninggal, maka cara berbaktinya adalah dengan mendoakan dan memohonkan ampunan bagi mereka, melaksanakan…

Read More

Arwa binti Abdul Muthalib Perempuan Cerdas Pembela Nabi

Arwa binti Abdul Muthalib. Bibi Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam, salah seorang putri dari kakek Nabi Muhammad, yaitu Abdul Muthalib. Perempuan cerdas yang turut membela Nabi di masa-masa sulitnya. Suatu saat di kota Makkah.  Dakwah Islam telah disebarkan secara terang-terangan oleh  Nabi Muhammad, Rasul akhir jaman.  Abu Jahal dan beberapa pembesar Quraiys bersekongkol untuk mengganggu dan menyakiti Nabi shallallahu ‘alahi wa sallam. Tidak sebatas dengan deretan ucapan-ucapan buruk, namun hingga tindakan fisik. Mengetahui sikap buruk Abu Jahal pada Nabi, Thulaib bin Umair, seorang pemuda mukmin,  meradang. Ia pun mendatangi Abu…

Read More

Salamah bin Dinar Dikepung 14 Musuh

Salamah bin Dinar al-Madani, maula Al Aswad bin Abi Sufyan Al Makhzumi. Ia dikenal sebagai Abu Hazim al-A’raj. Lahir di masa pemerintahan Ibnu Zubair. Salamah sendiri berasal dari Persia dan ibunya berkebangsaan Romawi. Salamah termasuk diantara ahli ibadah yang tinggal di kota Madinah. Kezuhudannya membuatnya senantiasa memiliki sikap wara’ dan menyibukkan diri dengan ibadah. Imam adz-Dzahabi membilangnya dalam peringkat tabi’in ke empat. Salamah menimba ilmu dari Sahl bin Sa’d, Atha’ bin Abi Rabah dan Nu’man bin Abi Ayyas. Ada yang mengatakan ia sempat belajar pada Zaid bin Aslam, seorang shabahat…

Read More

Manajemen Rebutan

Ramai berebut dalam permainan sungguh menarik disaksikan. Berbeda dengan melihat rebutan  sungguhan yang membuat orang saling bermusuh-musuhan.  Pastinya membuat kalang kabut bahkan bisa mendadak sakit perut.   Anak-anak kecil kalau sudah berebut sesuatu pasti ramai suasananya. Teriakan mereka, dorongan berseling dengan saling tarik hingga menangis. Tingkah mereka seru, kadang membuat jengkel hingga senyum. Antar orang tua tak jarang ikut bertengkar melihat anak mereka berantem. Padahal lihatlah sepuluh menit berikutnya, anak-anak mereka telah bermain bersama lagi. Berantem yang tadi, sudah lupa.  Bagaimana dengan orang tuanya? Sepuluh menit berikutnya justru perang dua…

Read More

Meninggal di WC Su’ul Khatimah?

Tanya: Bagaimanakah hukum agama terhadap orang yang meninggalnya di kamar mandi (WC) dan dia meninggal di bulan Ramadhan? Jawab: Alhamdulillah. Bila seseorang meninggal dalam kondisi seperti yang disebutkan maka hal ini tidak ada hubungannya dengan pujian atau celaan. Begitu pula tidak terkait dengan hukum syariat. Hukum syariat hanyalah berkaitan dengan “perbuatan para mukallaf”. Sedangkan wafat di tempat tertentu, waktu tertentu dan keadaan tertentu:  hal itu tidak terkait dengan perbuatannya, dan di luar kemampuannya, maka hal ini tidak berhubungan dengan hukum secara tersendiri. Adapun meninggal dunia dalam keadaan sedang berpuasa maka…

Read More