Pilih Barisan Pertama

Amalannya terlihat sederhana, padahal ganjarannya istimewa. Misalnya, memilih shaff awal dalam shalat. Begitu pula mengumandangkan azan. Orang yang shalat di shaff awal akan didoakan oleh para Malaikat. Sedangkan muadzin akan diampuni dosa-dosanya. Ini jelas diantara bentuk kasih sayang Allah pada umat akhir zaman. Umat Nabi Muhamamad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Diriwayatkan dari Barro bin ‘Azib, Rasulullah bersabda,

إنَّ اللَّهَ وملائِكَتَهُ يصلُّونَ علَى الصَّفِّ المقدَّمِ، والمؤذِّنُ يُغفَرُ لَهُ بمدِّ صَوتِهِ ويصدِّقُهُ مَن سمعَهُ

من رطِبٍ  ويابسٍ ولَهُ مثلُ أَجرِ مَن صلَّى معَهُ

 “Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat pada orang yang berada di shaff depan. Dan seorang muadzin diampuni sepanjang suaranya terdengar. Dan siapapun yang mendengar azannya, baik yang basah atau kering akan membenarkannya. Muadzin pun akan memperoleh pahala orang yang shalat bersamanya.” (HR. Ahmad dan An-Nasa’i dan dinilai shahih oleh Syaikh al-Bani dalam kitab shahih at-Targhib wa Tarhib)

 

Hadits ini menunjukkan tentang keutamaan menjalankan shalat berjamaah di shaff pertama. Begitu pula menunjukkan keutamaan seorang orang yang beradzan. Dosa-dosanya akan diampuni dengan lengkap dan sempurna sesuai dengan sampainya suaranya terdengar. Ada pula yang mengatakan, ini adalah permisalan. Yaitu meskipun dosa-dosanya banyak, seluas daerah dimana suara adzannya terdengar maka ia akan diampuni.  Semua makhluk, baik manusia, jin, hewan, tumbuhan dan selainnya akan menjadi saksi baginya di hari kiamat. Ia pun akan memperoleh pahala orang hadir shalat berjamaah karena panggilan adzannya.

Dalam kesempatan lain, Rasulullah bersabda,

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الصَّفِّ الْأَوَّلِ أَوْ الصُّفُوفِ الْأُوَلِ

 “Sesungguhnya Allah dan para malaikat bershalawat untuk shaff yang awal, atau shaf-shaf awal.” (HR. Ahmad)

Jadi, jangan sia-siakan kedua amalan di atas. Pilih shaff terdepan dalam shalat. Bila orang yang shalat banyak, konsekwensinya datanglah ke masjid lebih awal. (**)

Related posts

Leave a Comment