Agar Malaikat Mendoakanmu

Malaikat adalah makhluk yang shalih. Diciptakan Allah untuk senantiasa berbuat ketaatan pada Allah. Doa mereka maqbul, mudah diijabahi oleh Allah Ta’ala. Menariknya, ternyata mereka bershalawat untuk beberapa hamba Allah Ta’ala. Shalawat Malaikat kepada seseorang berarti malaikat mendoakan untuk orang tadi. Sebagaimana perkataan Abul ‘Aliyah “Shalawat malaikat pada seseorang bermakna doa”. Yaitu Malaikat berdoa pada Allah untuk manusia tersebut dan memohonkan ampunan untuknya.”  Sungguh beruntung orang yang didoakan oleh para malaikat.

Lantas siapakah orang yang beruntung karena didoakan oleh malaikat?

  1. Orang yang mengajarkan kebaikan pada manusia

Orang yang mengajarkan kebaikan pada manusia banyak yang mendoakan. Termasuk diantaranya para malaikat. Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ وَأَهْلَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرَضِينَ حَتَّى النَّمْلَةَ فِي جُحْرِهَا وَحَتَّى الْحُوتَ لَيُصَلُّونَ عَلَى مُعَلِّمِ النَّاسِ الْخَيْرَ

 

“Sesungguhnya Allah, para malaikat-Nya, penduduk langit, penduduk bumi, hingga semut di sarangnya, dan ikan di lautan mereka bershalawat pada orang yang mengajarkan kebaikan pada manusia.” (HR. At-Tirmidzi no 2609. Syaikh albani menilainya sebagai hadits shahih dalam shahih al jami’ no 1838)

 

  1. Orang yang menyambung shaf shalat yang terputus.

Malaikat mendoakan orang yang menyambung barisan shaf yang terputus. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إنَّ اللهَ وَملَائِكتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى الَّذِينَ يَصِلُوْن الصُّفُوْفَ

“Sesungguhnya Allah dan para malaikatNya bersholawat pada orang-orang yang menyambung shaff-shaff.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah dalam kitab shahihnya dan Ibnu Hibban dalam kitab shahihnya serta al-hakim. Hadits ini dinyatakan shahih oleh Syaikh al-Albani dalam shahih at-Targhib wa at-Tarhib)

Related posts

Leave a Comment