Agar Cinta Makin Subur

Assalamualaikum, Ustadz mohon penjelasan tentang cara dan tips agar kita bisa memupuk rasa cinta kepada Nabi Muhammad hingga tumbuh subur di dalam hati kita. Syukron

Bertambahnya rasa cinta kepada Rasulullah selaras dengan kekuatan iman seorang muslim, makin bertambah imannya, makin kuat rasa cintanya kepada beliau. kecintaan dia kepada Rasulullah terwujud dalam ketaatan dan dekatnya dia kepada sunnah-sunnahnya.  Dan syariat ini menjadikan rasa cinta kepada Nabi termasuk keharusan yang mesti dikerjakan oleh pemeluknya.

Sahabat Anas bin Malik berkata,

سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , يَقْولُ : ” لا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى أَكُونَ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِنْ وَلَدِهِ وَوَالِدِهِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ

“Aku mendengar Rasulullah bersabda, “Tidaklah beriman seorang diantara kalian hingga dia lebih mencintai diriku daripada kecintaannya kepada bapaknya, anaknya, dan semua manusia.” (Riwayat  Al-Bukhari 15 dan Muslim 44)

Sedangkan untuk memupuk dan menumbuhkan  rasa cinta kita kepada Nabi #n, kita mesti ingat hal-hal sebagai berikut:

  1. Mengakui bahwa Rasulullah merupakan hamba pilihan dan utusan Allah dan telah dipilih Allah untuk menyampaikan agama Allah kepada manusia. Tentu saja Allah memilih, mencintai serta  meridhai beliau. Maka kewajiban kita adalah mencintai orang yang dicintai Allah, dan meridhai orang yang diridhai-Nya. Bahkan Rasulullah adalah kekasih Allah yang sangat mulya dan  sangat dicintai-Nya. Dalam sabdanya, Rasulullah berkata, “Sesungguhnya Allah telah menjadikanku sebagai kekasih-Nya sebagaimana Dia telah menjadikan Ibrahim sebagai kekasih, seandainya diperbolehkan bagiku menjadikan umatku sebagai kekasih, niscaya aku akan menjadikan Abu Bakar sebagai kekasihku.”(Riwayat Muslim no 532)
  2. Rasulullah merupakan insan terbaik yang telah dipilih Allah. Rasulullah bersabda, Aku adalah pemimpin Anak Adam pada hari Kiamat dan orang pertama yang keluar dari kubur, dan orang pertama yang memberi syafaat dan orang pertama yang diberi syafaat.” (Riwayat Muslim no 2278)
  3. Rasulullah adalah orang yang telah memperjuangkan agama Allah hingga sampai kepada kita. Dalam perjuangan, banyak sekali ujian, ancaman, kesulitan hingga ancaman kematian terhadap beliau. Namun begitu beliau tetap berjuang untuk memperjuangkan agama Allah hingga bisa kita enyam manisnya Islam ini.
  4. Kita herus mengikuti para sahabat Rasulullah yang begitu mencintai beliau. Bahkan demi kecintaan mereka kepada Rasulullah, mereka mempertaruhkan materi, keluarga, dan jiwa mereka untuk beliau Mengikuti sunnah-sunnah beliau baik berupa ucapan, atau perbuatan dan mejadikan sunnah tersebut sebagai jalan hidup kita. Kemudian mengikuti akidah para sahabat beliau dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hingga hari ini yang termasuk dalam ahlus sunnah wal jama’ah. Tidak mengikuti jalan-jalan yang menyimpang dan bid’ah dalam agama ini, namun tetap menjadikan sunnah Rasulullah sebagai panduan dalam semua kehidupan kita.

Semoga Allah memberikan anugrah kepada kita, keluarga kita, anak-anak kita berupa kecintaan kepada beliau. Allahu a’lam

(Jawaban disarikan dari https://islamqa.info/ar/2431)

Related posts

Leave a Comment