Menghabisi Semut?

Assalamu’alaikum warahmatullah

Ustadz, bolehkah membunuh semut yang mengganggu kita? Karena mereka sering masuk rumah dan menyebar mencari makanan. Makanan dan minuman jadi nggak aman. Dimana-mana mereka berkeliaran. Bahkan sampai menggigit dan mengganggu anggota keluarga.

S di kota M

 

Wa’alaikum salam warahmatullah wabarakatuh

Problem sekumpulan semut yang masuk rumah bukan milikmu sendiri. Banyak temanmu yang mengalami hal yang sama. Terburu-buru untuk menghabisi semut tentu tidak layak dilakukan. Karena ada larangan Nabi Muhammad dari membunuh semut. Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma ia berkata, “Nabi shallallahu alaihi wa sallam melarang membunuh empat hewan: semut, lebah, burung Hud Hud dan burung Shurad.” (HR Abu Dawud, Ibnu Majah, Ahmad dan dinilai shahih oleh Syaikh al-Albani)

Solusinya awal tentu berusaha mengusir semut dengan cara-cara yang lazim. Dengan memakai bahan-bahan pengusir serangga. Bila ternyata semut-semut tersebut sampai tahap mengganggu hingga menyakiti anggota keluargamu, yah bagaimana lagi. Membunuh semut jadi solusi paling darurat. Dengan tidak berlebih-lebihan. Syaikh Sulaiman al-Majid ketika ditanya tentang kasus yang serupa beliau menjawab, “Jika semut-semut tersebut menyakitimu, hendaknya kamu usir dengan cara yang termudah. Misalnya dengan meletakkan bahan-bahan yang bisa mengusir serangga,bukan yang membunuhnya. Atau misalnya dengan menutup lubang-lubang terbuka, atau trik-trik yang lain. Bila semua sarana ini tidak bisa ditempuh maka boleh untuk membunuhnya dengan cara yang semestinya. wallahu a’lam”

Related posts

Leave a Comment