Kapan Wabah Covid-19 Berakhir? (2)

Sobat, Syaikh Muhammad shalih al-Munajid memberikan beberapa nasehat berharga terkait wabah virus corona yang mengguncang dunia. Berikut diantara nasehatnya. Semoga bermanfaat untukmu..

  1. Bertasbih. Terkait tasbih, Allah memberitakan bahwa Dia dengannya menolong Nabi Yunus alaihis salam dari kesulitan. Dia Ta’ala juga memberi isyarat bahwa dengan tasbih itu, akan menolong kaum mukminin. Allah berfirman,

وَذَا النُّونِ إِذ ذَّهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَن لَّن نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَى فِي الظُّلُمَاتِ أَن لآإِلَهَ إِلآ أَنتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنتُ مِنَ الظَّالِمِينَ {87} فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَنَجَّيْنَاهُ مِنَ الْغَمِّ وَكَذَلِكَ نُنْـجِي الْمُؤْمِنِينَ

“Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan sangat gelap:”Bahwa tak ada Ilah (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim”. Maka Kami memperkenankan do’anya dan menyelamatkannya daripada kedukaan. Dan demikanlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman.”(al-An’biya’: 87-88)

Allah berfirman,

فَلَوْلآ أَنَّهُ كَانَ مِنَ الْمُسَبِّحِينَ {143} لَلَبِثَ فِي بَطْنِهِ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ

“Maka kalau sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat Allah,  niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit.” (Ash Shaffat: 143, 144)

Ahmad dan at-Tirmidzi meriwayatkan dari Sa’d, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

دَعْوَةُ ذِي النُّونِ إِذْ دَعَا وَهُوَ فِي بَطْنِ الحُوتِ: لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ، فَإِنَّهُ لَمْ يَدْعُ بِهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ فِي شَيْءٍ قَطُّ إِلَّا اسْتَجَابَ اللَّهُ لَه

“Doa Dzun-Nuun ketika memohon dari dalam perut ikan, ‘Laa ilaaha illa  anta subhanaka inni kuntu minadz zhalimin’ (Tidak ada yang berhak diibadahi selain Engkau, Maha Suci Engkau. Sungguh aku termasuk orang-orang yang berbuat zhalim).  Maka sungguh tidaklah seorang muslim berdoa dengannya, dengan sebuah doa kecuali Allah akan menjawabi doanya.”

‘Tidaklah seseorang di kalangan para Nabi mengalami kedukaan kecuali dia beristighatsah (meminta pertolongan dalam kesulitan) dengan bertasbih,” kata Ibnu Mas’ud. Seperti yang  dinukil oleh Ibnul Qayyim dari buku karyanya Jawabul Kaafi halaman 14. (masih ada lanjutannya)

Related posts

4 Thoughts to “Kapan Wabah Covid-19 Berakhir? (2)”

  1. utsman

    assalamualaikum el,
    kemarin saya baca di edisi april(lockdown hatimu) ada maklumat kalo berhenti terbitkan majalah cetaknya..
    nah,kalo mau mesen bisa ngga?soalnya kalo dipondok ga bisa baca kek bgtu kecuali yg versi majalah cetak..
    syukron

    1. akh_fata

      wa’alaikum salam warahmatullah
      benar. edisi april 2020 adalah edisi cetak terakhir dari elfata. untuk selanjutnya hanya ada versi onlinennya. meski demikian, direncakan elfata versi cetak akan terbit lagi triwulanan atau caturwulanan (tiga bulan sekali atau empat bulan satu kali). masih dalam tahap penggodokan konsepnya. mohon ditunggu dulu. semoga Allah memberikan kemudahan agar edisi cetak tetap bisa diterbitkan.

      1. Fadhil Ibrahim

        Maaf kak, yg di maksud edisi online itu apa y??? Apakah seperti edisi cetak tp online pdf/gmn???soalnya saya udh gk sabar lagi pengen baca elfatanya

        1. akh_fata

          majalah online yang dimaksud adalah website seperti yang Adik baca ini. Doakan semoga kedepan elfata bisa cetak ulang kembali. sehingga bisa menjumpai Adik-adik lagi.

Leave a Comment