Penggerak Hatimu

Agar kuat melangkah di jalanan kehidupan ini seorang muslim butuh energi penggerak . Dengannya langkahnya menuju Allah menjadi kuat. Tak berhenti di tengah jalan. Penggerak hati yang dimaksud ada 3 macam, yaitu mahabbah (cinta), raja’ (harap) dan khauf  (takut).

Adapun mahabbah, membuat seorang muslim  berjalan menuju shirathal mustaqim  serta membulatkan tekadnya untuk terus berjalan. Kuat tidaknya langkah perjalanannya ditentukan oleh kekuatan cinta ini. Raja’ (rasa harap) merupakan pemimpin seorang mukmin di perjalanannya. sedangkan khauf (rasa takut) merupakan pemberi peringatan. Ketiga hal  ini  digabungkan oleh Allah dalam firman-Nya,

أُولَئِكَ الَّذِينَ يَدْعُونَ يَبْتَغُونَ إِلَى رَبِّهِمُ الْوَسِيلَةَ أَيُّهُمْ أَقْرَبُ وَيَرْجُونَ رَحْمَتَهُ وَيَخَافُونَ عَذَابَهُ إِنَّ عَذَابَ رَبِّكَ كَانَ مَحْذُورًا

“Orang-orang yang mereka seru itu, mereka sendiri mencari jalan kepada Rabb mereka siapa di antara mereka yang lebih dekat (kepada Allah) dan mengharapkan rahmat-Nya dan takut akan azab-Nya; sesungguhnya azab Rabbmu adalah sesuatu yang (harus) ditakuti.” (Al-Isra’:57)

Nah, di dalam perjalanan tersebut ada aktivitas atau amalan yang mesti dijalankan dan diberikan perhatian. Apakah amalan yang dimaksud ?

Aktivitas yang  dimaksud adalah menjalankan fardhu-fardhu dalam Islam, kewajiban agama, melaksanakan ubudiyah pada Allah dengan meninggalkan dosa dan keharaman karena takut pada murka-Nya.

Sebab, tiada perkara yang paling disukai oleh Allah dalam peribadtan daripada amalan fardhu dan wajib. Disebutkan dalam hadits qudsi,

“Barangsiapa yang memusuhi wali-waliKu maka aku umumkan peperangan padanya. Tidaklah hambaKu mendekatkan diri padaKu dengan sesuatu yang lebih Aku sukai dibandingkan apa yang Aku fardhukan padanya. Dan hambaKu senantiasa mendekatkan diri padaKu dengan nafilah (hal yang sunnah) hingga Aku menyintainya…” (Riwayat  Al-Bukhari)

Related posts

Leave a Comment