Mimpi Buruk

Assalamu’alaikum warahmatullah

Kak, kadang-kadang saat tidur saya mengalami mimpi buruk. Rasanya benar-benar tidak nyaman. Sampai kepikiran terus di siang harinya. Apa yang mesti saya lakukan, Kak? Syukron.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi w

Y di kota S

Jawab:

Wa’alaikum salam warahmatullah wabarakatuh

Adik Y, semoga Allah senantiasa merahmatimu. Terkait dengan pertanyaanmu, Syaikh Sulaiman al-Majid pernah menyampaikan begini: “Hal yang disyariatkan bagi seseorang yang bermimpi buruk adalah mengamalkan petunjuk Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Disebutkan di dalam shahih al-Bukhari dari sahabat Abu Said al-Khudry bahwa beliau pernah mendengar Nabi bersabda,

“إذَا رَأى أحَدُكُمْ رُؤْيا يُحِبُّها فإنَّمَا هِيَ مِنَ اللَّهِ تَعالى فَلْيَحْمَدِ اللَّه تَعالى عَلَيْها وَلْيُحَدّثْ بِها” وفي رواية: “فَلا يُحَدِّثْ بِها إِلاَّ مَنْ يُحِبُّ، وَإذَا رأى غَيْرَ ذلكَ مِمَّا يَكْرَهُ فإنَّمَا هِيَ مِنَ الشَّيْطانِ فَلْيَسْتَعِذْ مِنْ شَرِّها وَلا يَذْكُرْها لأحَدٍ فإنها لا تَضُّرُّهُ”. والله أعلم.

 

“Apabila seorang diantara kalian bermimpi yang disukai sungguh itu hanyalah berasal dari Allah Ta’ala. Maka pujilah Allah Ta’ala karenanya dan ceritakanlah (mimpi tersebut).”

Di dalam riwayat yang lain disebutkan, “Jangan menceritakannya kecuali pada orang yang menyukai. Dan bila bermimpi yang selain itu, yang dia benci, maka itu hanyalah dari setan. Hendaknya ia berlindung dari kejahatannya. Dan jangan menceritakan mimpi itu pada seorang pun, maka mimpi itu tidak akan membahayakannya.”

 

 

Related posts

Leave a Comment