Meningkatkan Kecerdasan Sosial dan Emosional

Bagaimanakah cara memperoleh kecerdasan secara sosial dan emosional? Karena banyak orang yang menjauhi saya. Bagaimana  cara mengambil hati orang, dan menarik orang lain bak magnet?

Jawab:

Alhamdulillah. Meningkatkan tingkat kecerdasan sosial membutuhkan upaya secara ilmiah dan pengetahuan, serta upaya praktek dan amaliyah. Upaya ilmiah dan kognitif terkait dengan pengetahuan tentang etika/akhlaq dalam bergaul kepada manusia secara umum, demikian pula untuk mengetahui metode terbaik dalam bermuamalah dengan orang-orang ‘bermasalah’, memiliki karakter nifaq, dan memiliki akhlak buruk secara khusus.

Sedangkan upaya praktis dan amaliyah adalah dengan cara berkesinambungan dan tekun mempergauli manusia dengan akhlak yang mulia. Disamping itu  berjuang keras dalam bermuamalah dengan orang-orang yang kurang baik, punya sifat kenifaqan dan memiliki akhlak buruk, serta membalas gangguan orang-orang zhalim dengan perbuatan yang lebih baik dan penuh kesabaran. Yang paling baik dan istimewa dalam permasalahan ini mengikuti secara keilmuan dan praktek: Petunjuk Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dalam bermuamalah dengan manusia dengan beragam kondisi mereka, umur, agama, jenis mereka, serta kedudukan mereka. Diantara buku-buku bermanfaat yang kami nasihatkan dalam hal ini: kitab “Kaifa aamalahum” karya Syaikh Muhammad shalih al-Munajjid. Di dalamya dijelaskan tentang gambaran petunjuk Nabi shallallahu alaihi wa sallam dalam bermuamalah dengan manusia, dengan beragam tingkatan mereka.

Sumber:

www.Islamqa.info/ar/answers/279482/

Related posts

Leave a Comment