Home
media muslim muda
13Okt2010
Kiat Menjadi Pengusaha Muslim Sejati
administrator

Berdagang pada dasarnya merupakan salah satu pekerjaan yang sangat mulia, bahkan Nabi Shalallaahu alaihi wasalam dan sebagian shahabat beliau adalah para pedagang profesional. Namun di sisi lain Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam juga memperingatkan kita semua, bahwa tempat terburuk yang dibenci Allah adalah pasar.

Tentu bukanlah pasarnya yang salah, namun penghuninya, penjual dan pembelinya. Berapa banyak pedagang yang sibuk dengan dagangannya sehingga meninggalkan shalat dan dzikrullah, berapa banyak kecurangan, penipuan, riba dan berbagai kejahatan terjadi di pasar. Dan tentunya masih banyak lagi pola dan sistim pasar yang bertabrakan dengan syariat dipraktekkan di sana, yang penting dapat uang bagaimanapun caranya.

Baca selengkapnya...
 
03Jun2015
Al-Qur'an di Dadaku
administrator

cover elfata juni 2015_elmajalah elfata edisi terbaru, edisi juni 2015, majalah remaja islam, majalah gaul syar'i,majalah remaja salaf, majalah remaja islami, alquran di dadaku, majalah elfata edisi 06 vol 15 tahun 2015

Alhamdulillah, pujian dan syukur hanya layak dipanjatkan pada Allah semata. Karena pertolongan-Nya saja, segala nikmat bisa kita peroleh dengan sempurna. Saat manusia mau bersyukur, Allah menjanjikan akan menambahkan nikmat-Nya.
Sobat muda, bulan Ramadhan telah ada di hadapan mata. Kesempatan bisa bertemu bulan Ramadhan merupakan sebuah nikmat besar yang Allah karuniakan pada kita. Peluang untuk berbuat baik, menambah pahala, dan meraih banyak ampunan dari Allah. Bulan Ramadhan disebut juga syahrul Quran, karena Al Quran mula pertama turun di bulan tersebut. Al-Quran merupakan kitab yang Allah berikan keistimewaan yang lebih dibandingkan kitab-kitab sebelumnya. Diantaranya karena Allah berjanji akan menjaganya. Berbeda dengan kitab-kitab suci lain yang telah mengalami perubahan bahkan ada juga yang hilang tanpa jejak. Sebagai kitab hidayah, al-Quran menunjukkan jalan yang terang benderang bagi umat untuk meraih kehidupan yang bahagia di dunia dan akhirat. Kejayaan dan kesuksesan umat Islam hanya bisa diperoleh dengan berpedoman pada kitab suci al-Quran. Bila kondisi umat masih terpuruk dan tak juga meraih kejayaan maka pertanyaan singkat bisa diajukan untuk mengoreksinya. Sejauh manakah interaksi umat ini dengan al-Quran? Apakah kaum muslimin secara mayoritas telah berdekat-dekat dengan al-Quran, membaca, memahami dan mengamalkannya? Oh, ternyata masih lebih banyak kaum muslimin yang belum bisa membaca al-Quran. Yang sudah bisa membacanya, banyak yang belum paham maknanya. Orang yang sudah paham pun masih sedikit yang mengamalkannya. So, umat ini sangat perlu untuk kembali kepada al-Quran, demikian pula kepada hadits Nabi sebagai penjelas dari Al-Quran. Al-Quran di dadaku inilah tema yang diangkat elfata di edisi kali ini. Selamat membaca.

 
01Apr2015
Study Now, Love Later!
administrator

cover elfata april 2015_elmajalah elfata edisi terbaru, edisi april 2015, majalah remaja islam, majalah gaul syar'i,majalah remaja salaf, majalah remaja islami, study now love later, majalah elfata edisi 04 vol 15 tahun 2015.

Alhamdulillah, adalah kata yang paling tepat untuk diungkapkan. Allah yang layak untuk selalu dipuji dan disyukuri. Karena karunia-Nya semata, majalah elfata kembali bisa berjumpa dengan seluruh sobat muda.
Masa depan perlu untuk dipersiapkan dengan baik. Belajar yang tekun, beraktivitas positif, bekerja dengan kesungguhan adalah diantara sekian cara untuk menyongsong masa depan gemilang. Doa tentu menjadi bagian penting yang tidak boleh terlupa di dalamnya. Semua usaha tadi  tak bertentangan dengan keyakinan seorang muslim pada takdir Allah. Bahkan berbagai upaya elegan tersebut termasuk bagian dari cara kita mengusahakan takdir dan persangkaan baik kita pada Allah. Sudah pasti upaya meraih masa depan yang baik akan selalu ada tantangannya. Meraih kesuksesan bukanlah upaya yang mudah dilakukan semudah membalik telapak tangan. Cinta terlalu dini bisa menjadi salah satu penghambat masa depan yang gemilang. Remaja sekarang memvisualkan cinta dalam bentuk pacaran. Pacaran menghambat masa depan, disamping juga berbalut beragam kemaksiatan dan kebohongan. Aktivitas yang diimpor dari orang non muslim ini kini semakin dianggap wajar oleh masyarakat, bahkan sebagian tokoh agama sekalipun. Akhirnya banyak remaja muslim yang tak sadar terjebak pada maksiat pacaran dengan penuh percaya diri. “Ini kan boleh. Agama nggak melarang. Pak Ustadz membolehkan...” adalah diantara sekian bantahan ketika dinasehati bahwa pacaran terlarang. Tampaknya kita memang selalu butuh diingat dengan bahaya pacaran atau cinta terlalu dini. Nah, oleh karenanya Elfata kembali mengangkat tentang bahaya aktivitas cinta terlalu dini dalam tema utama edisi kali ini. Jangan lupakan untuk membaca rubrik-rubrik lain yang tak kalah menariknya. Baiklah sobat fata, selamat membaca.

 
01Mei2015
Jazirah Para Pecinta
administrator

cover elfata mei 2015_elmajalah elfata edisi terbaru, edisi mei 2015, majalah remaja islam, majalah gaul syar'i,majalah remaja salaf, majalah remaja islami, cinta, majalah elfata edisi 05 vol 15 tahun 2015.

Alhamdulillah, pujian dan syukur sejak awal hanya milik Allah semata. Shalawat dan salam semoga tercurah pada Nabi Muhammad #n, keluarga, shahabat dan para pengikutnya yang setia hingga akhir zaman.
Sobat fata, semoga Allah senantiasa menjaga dan merahmatimu. Rasa cinta bukanlah perkara yang minus perjuangan dan pengorbanan. Cinta yang benar selalu saja menuntut pengorbanan dan pembuktian dari pencintanya. Bila enggan berkorban berarti kebenaran cintamu masih perlu dipertanyakan. Benarkah atau bohong-bohongan. Demikian halnya kecintaan seseorang pada Islam. Butuh pada pembuktian. Sekadar mengucapkan cinta saja belum bisa dijadikan patokan kebenaran. Bukti kebenaran klaim cintamu pada Islam dibuktikan diantaranya dengan ketaatanmu terhadap syariatnya, siap menerima hukum-hukumnya dan berakhlak dengan tuntunannya. Saat engkau mengaku cinta maka akan muncul juga berbagai ujian yang menguji kecintaanmu.
Inilah yang dirasakan oleh kaum muslimin di awal perjuangan Islam. Berbagai macam ujian dalam bentuk fisik dan psikis mereka dapatkan dari orang-orang yang memusuhi dakwah Islam. Kaum musyrikin Qurays,  Yahudi di Yatsrib, dan munafikin berusaha memadamkan cahaya Islam dengan caranya masing-masing. Tipu daya, muslihat, cemoohan, putar balik fakta digunakan untuk mematikan dakwah yang bersemi di Madinah. Seluruh makar itu gagal, karena cinta para shahabat terhadap Islam benar-benar murni. Kaum muslimin telah membuktikan kecintaan mereka terhadap Islam. Harta, keluarga, bahkan jiwa rela mereka korbankan untuk membuktikan kecintaan tadi. Ujian dalam berislam tak hanya akan didapatkan oleh para shahabat Nabi saja, namun akan dirasakan oleh semua yang mengaku cinta pada Islam. Nah, hari ini giliranmu membuktikan cintamu yang sebenarnya pada Islam. Bahasan tentang mencintai ajaran Islam yang akan diangkat pada edisi elfata kali ini. Jangan lupa baca juga bahasan-bahasan lain yang tak kalah menariknya. Selamat membaca.

 
02Mar2015
The Secret Behind Haram
administrator

cover elfata maret 2015_elAlhamdulillah, segala puji hanya milik Allah. Pujian bagiNya di awal dan di akhir. Seluruh nikmat yang diperoleh makhluk hanya berasal dariNya semata. Dia pula yang layak untuk disyukuri. Karena pertolongan-Nya juga majalah Elfata bisa dan semoga tetap selalu hadir di hadapanmu, sobat pembaca yang istimewa.
Sobat Fata, serbuan beragam kuliner memenuhi kehidupan kita. Berjenis-jenis makanan tambah banyak hadir dan ditawarkan kepada kita. Bisnis makanan pun menjamur, dari yang kelas rendah hingga high class. Dari yang dijajakan di pinggir jalan, restoran hingga supermarket, mall dan hotel berbintang. Bukan sebatas makanan produk dalam negri, bahkan makanan asing  semakin tak segan menyambangi konsumen negri ini. Alasan orang untuk mengonsumsi makanan jadi ikut beragam. Dahulu orang makan hanya sekadar untuk mengisi perut yang kosong, namun sekarang lebih dari itu. Tak jarang orang makan karena alasan sekadar mencicipi,  ingin keren dan gaya-gayaan semata. Alasan seperti itu akhirnya mengabaikan selera dan lidah yang ingin mengecap enaknya cita rasa. Lebih parah lagi, ada sebagian orang yang tak lagi peduli dengan halal haram dalam mengonsumsi makanan.
Padahal bagi seorang muslim halal dan haram dalam makanan menjadi prioritas nomor wahid. Karena salah-salah hubungannya dengan Allah akan menjadi jauh. Doa-doa yang menjadi senjatanya bisa-bisa menjadi tumpul karena makanan haram yang dikonsumsinya. Pemuda muslim juga tetap memperhatikan rambu-rambu penting lain dalam memilih kuliner. Yah, bahasan seputar kuliner bagi remaja inilah yang akan diangkat oleh Elfata edisi kali ini. Jangan lupakan untuk membaca rubrik-rubrik lain yang tak kalah bagus dan menarik. Baiklah, selamat membaca sobat muda! Semoga Allah memberikan keberkahan pada dirimu.

 
JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

MulaiPrev12345NextEnd »